Postingan

MUNDUR DI TENGAH JALAN, ANDREA DOVIZIOSO RESMI PENSIUN DARI MOTOGP

Gambar
Pembalap asal Forli, Andrea Dovizioso telah secara resmi mengumumkan mundur dari MotoGP musim 2022 ini di tengah jalan. Dovi tak akan balapan untuk tim Satelit WithU Yamaha RNF lagi setelah seri MotoGP San Marino mendatang. Runner-up tiga kali itu telah memilih untuk keluar dari MotoGP tanpa menyelesaikan kontrak satu tahunnya dengan Yamaha. Keputusan ini dipublikasikan menjelang balapan MotoGP Inggris akhir pekan ini. Pilihan ini dilatarbelakangi oleh hasil paruh pertama musim yang sulit, dimana Dovi hanya mengukir 10 poin dalam 11 seri balap. Dovizioso telah memutuskan untuk pensiun sebelum akhir musim, tepat setelah balapan kandangnya di Sirkuit Misano yang akan berlangsung awal September.

MARC MARQUEZ KEMUNGKINAN KEMBALI SEPTEMBER ATAU OKTOBER

Gambar
MotoGP Mugello 2022 menjadi balapan terakhir rider Cervera, Marc Marquez di musim ini. Keputusan ini terpaksa ditempuh lantaran harus kembali naik meja operasi. Rider Repsol Honda itu untuk keempat kalinya mengoperasi lengan kanannya, berharap Humerus bisa pulih sepenuhnya. Tim dokter memperkirakan Marquez butuh waktu setidaknya tiga bulan untuk masa pemulihan. Artinya, Marquez kemungkinan bisa kembali menggeber Honda RC213V lagi pada September atau Oktober mendatang. Bos tim Repsol Honda, Alberto Puig tak dapat memastikan hal itu, tapi dia berharap Marquez pulih sepenuhnya. "Kami harus menunggu dan melihat apa yang dokter katakan," kata Puig kepada Speedweek.com. "Anda harus memantau dan menilai kemajuan penyembuhan tulang. Dokter mengatakan setelah patah tulang sembuh, tidak apa-apa. Jika tidak ada komplikasi, tulang seperti ini membutuhkan waktu tiga hingga empat bulan untuk menyatu," jelasnya lebih rinci. Itu artinya Marquez bisa kembali ke

TREKNYA BANYAK MENUNTUT FISIK MURID VR46 BEZZECCHI TARGETKAN PODIUM DI SILVERSTONE

Gambar
Marco Bezzecchi siap kembali menunjukkan potensinya sebagai seorang rookie atau pendatang baru MotoGP 2022. Racer tim Mooney VR46 ini semakin termotivasi karena saat putaran Assen Belanda (sebelum liburan musim panas selama 5 minggu, red) dapat meraih podium runner-up. Itu  podium yang pertama kalinya diraih murid dari VR46 tersebut. Lebih lanjut, Bezzecchi sangat menyukai layout trek Silverstone Inggris yang akan menjadi venue dari seri ke-12 MotoGP minggu ini (5-7 Agustus). Tikungan yang relatif banyak pada Silverstone disebut menuntut fisik yang lebih. Itu yang disukainya. Faktanya memang ada 18 tikungan disana. Trek lurusnya juga cukup 770 meter saja dari total panjang keseluruhan lintasan 5,9 km. Jadi lebih panjang trek lurusnya Sentul Bogor ya. Bezzecchi juga merasa pede karena punya track-record oke di Silverstone saat balap Moto2 tahun 2021 lalu. "Istirahat ini diperlukan, setelah Assen, saya benar-benar perlu memutuskan hubungan dan menghabiskan waktu bersama teman dan ke

ANDREA IANNONE PEDE BISA BALAP MOTOGP SAAT KASUS DOPINGNYA BERAKHIR DESEMBER 2023

Gambar
Andrea Iannone sangat haqul yakin bahwa ia dapat menjalani balap MotoGP lagi. Itu setelah hukumannya atas kasus doping berakhir tanggal 17 Desember 2023. Padahal saat ia bebas nanti, maka sudah berusia 33 tahun yang secara logika akan sangat sulit ditengah banyak talenta muda. Ingat pula, Iannona sudah tidak berkompetisi dalam 4 tahun berjalan. Disini problem seriusnya. Sekali lagi ditegaskan, bahwa Iannone sangat pede dapat comeback balap, baik itu di strata MotoGP ataupun superbike. Menurutnya, ia tidak bisa dipisahkan dari dunia motor. Atau jangan-jangan dikondisikan Aprilia sebagai test rider alias penguji sebagai ungkapan terimakasih selama ini membantu riset dan pengembangan RS-GP. "Saya akan kembali balapan. Saya tidak tahu dimana, bagaimana dan kapan, baik di MotoGP ataupun Superbike, tapi saya jamin, bahwa saya masih tidak bisa mengisi hidup saya dengan hal lain selain motor atau kecepatan, "tegas Iannone yang terakhir balap MotoGP musim 2019 dengan bendera tim April

BERAPA DUIT YANG DIKUCURKAN FANTIC MOTOR SEBAGAI SPONSOR TIM MOTO2 VR46 TAHUN DEPAN ?

Gambar
Fantic selaku produsen motor ternama asal Italia sudah resmi mengikat kerjasama dengan tim Moto2 VR46. Mereka berkolaborasi. Jadi kedepan (2023), yang Mooney VR46 berdiri sendiri agar lebih fokus di level MotoGP dan pembiayaan operasional juga lebih ringan.  So, Fantic VR46 yang konsen di Moto2. Menjadi hal menarik, berapa duit yang diperkirakan dikucurkan Fantic kepada VR46 untuk balap Moto2 tahun depan ? Memang tidak disebut berpa nilai detailnya, tetapi bisa kita perkirakan rangenya dari berbagai fakta di sekitar. Dijamin tidak kecil. Diperkirakan sekira 80-100 milyar untuk per-tahunnya.  Kenapa muncul angka tersebut ? Karena merupakan range harga yang logis ketika bicara perusahaan asal Italia. Sebagai pembanding saja, bahwa dalam sebuah kesempatan, bos besar perusahaan energi withU yang berkantor di Milan menyebut angka 5 juta euro atau sekitar Rp. 80 milyar untuk mensponsori tim RNF Yamaha. Itupun kesepakatan ada dalam nama tim, jadinya withU Yamaha RNF. "Saya memang tidak b

AWAS REGULASI ! BATAS MINIMAL 16 TAHUN ! FORMASI AHRT DI JUNIOR GP 2023 TIDAK BERUBAH ?

Gambar
Mungkin banyak yang belum paham sehubungan peningkatan batas usia minimal untuk mereka yang ingin balap FIM JuniorGP. Dulunya disebut CEV Moto3 ataupun Moto3 Junior. Jadi tahun depan (2023) dinaikkan menjadi minimal 16 tahu. Terhitung sejak sudah ulang tahun ya, saat kompetisi dimulai. Sebelumnya (2022) diplot minimal 15 tahun. Boleh jadi, kenaikan ini berkorelasi dengan aturan pembalap Moto3 yang juga dinaikkan minimal 18 tahun (2023). Tahun ini masih 16 tahun. Klausul pengecualiannya untuk peraturan Moto3 2023, jika racer tersebut jawara FIM JuniorGP (bisa usia 16 tahun) ataupun juara Rookies Cup (bisa 17 tahun). Kalau tidak ada prestasi tersebut, wajib hukumnya umur 18 tahun. Ingat, bahwa David Munoz baru boleh balap Moto3 tahun ini saat setelah seri Mugello Italia dimana ia sudah berusia 16 tahun. "Ya kita harus mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan sehubungan batas umur untuk balap FIM JuniorGP. Penyelenggara ingin semuanya lebih safety dengan banyak kejadian sebelumnya, &

DUCATI TUNTUT BAGNAIA KONSISTEN, BISAKAH JOS DIPARUH KE-2 SEPERTI DI TAHUN 2021 ?

Gambar
Bukan rahasia umum, bahwa Francesco Bagnaia 'Pecco' adalah pembalap andalan Ducati. Alasannya karena memang berada di tim utama (Ducati Lenovo, red) dan kontraknya sudah jelas hingga akhir 2024. Lain hal dengan rekan satu timnya Jack Miller yang sudah resmi pindah ke tim KTM (2023). Alhasil, harapan terbesar pabrikan asal Italia tersebut adalah berada di puncak Pecco. Ini yang kerap diperjelas Gigi Dall'Igna selaku General Manager Ducati Corse. Terlebih pula Pecco adalah runner-up MotoGP 2021. Sayangnya memang Pecco kurang oke di seri-seri awal MotoGP musim 2022 ini. Beberapa kali mengalami crash. Tidak konsisten dalam pencapaian poin. Makanya tertinggal cukup jauh dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang pimpin klasemen. Mereka berbeda 66 poin. Nah, seri Silverstone yang masuk paruh kedua perjalanan kompetisi 2023 dan berlangsung akhir pekan ini (5-7 Agustus), itu mutlak hukumnya untuk tidak membuat kesalahan lagi. Manajemen Ducati berharap perfoma Pecco seperti

ALEX RINS YAKIN BISA BUAT MOTOR HONDA YANG SULIT BISA LEBIH MUDAH TAHUN DEPAN

Gambar
Alex Rins (Suzuki Ecstar) sudah resmi pindah tim LCR Honda tahun depan (2023). Rider asal Perancis usia 26 tahun tersebut siap dibekali RC213V versi terbaru. Oh ya, itu alasannya pilih LCR Honda ketimbang Gresini Racing yang cukup kasih motor versi 2022 (untuk tahun 2023). Sehubungan rekan satu timnya, belum jelas. Namun itu diantara penghuni lama Takaaki Nakagami dan bintang Moto2 yang sedang bersinar Ai Ogura. Yang menarik, Alex Rins percaya bahwa ia dapat membuat motor Honda RC213V yang sulit saat ini karena tidak ada yang berprestasi selain Marc Marquez, akan dibuat mejadi lebih mudah dalam handling. Ia percaya dengan kemampuan dirinya. "Saya adalah salah satu dari 24 orang di dunia yang memiliki hak istimewa untuk mengendarai MotoGP. Tahun ini, saya melakukannya dengan Suzuki, tim yang baru saja menjadi juara dunia, dan tahun depan saya akan melakukannya dengan Honda, produsen sepeda motor terbesar di dunia, "bangga Alex Rins yang dikutip dari Corsedimoto. "Perganti

MARIO AJI POSISI KLASEMEN ROOKIE MOTO3 KE-8, WAJIB POIN DI SILVERSTONE SETELAH 3 SERI TERAKHIR ZONK

Gambar
Mario Aji siap menjalani seri ke-12 balap Moto3 di trek Silverstone Inggris akhir pekan ini (5-7 Agustus). Liburan musim panas di Eropa selama sekira 5 minggu sudah dimanfaatkannya untuk refreshing pulang ke tanah air. Tentu saja, perolehan poin menjadi target utama racer asal Magetan Jawa timur berumur 18 tahun ini. Terlebih sudah tidak meraih poin dalam 3 seri terakhir Moto3 (Catalunya, Sachsenring dan Assen). Pembalap Honda Team Asia tersebut berada di posisi ke-8 untuk klasemen sementara khusus rookie atau pendatang baru Moto3. Total sudah meraih 5 poin yang diperoleh di Mandalika Indonesia (finish ke-14) dan Mugello Italia (ke-13). Petarung muda usia 17 tahun Daniel Holgado (Red Bull KTM Ajo) berada di posisi terdepan dengan pundi 48 poin.  Dibawah ini data lengkapnya.

ACOSTA : SAYA LEBIH INGAT STONER KETIMBANG MARQUEZ

Gambar
Pembalap asal Spanyol, Pedro Acosta naik ke kelas Moto2 tahun ini bersama tim Red Bull KTM Ajo. Namanya pertama kali melejit tahun lalu ketika debut di kelas Moto3 bersama tim yang sama. Performa gemilannya menelurkan gelar juara dunia 2021. Berbicara tentang panutan, Acosta justru lebih ingat rider Australia, Casey Stoner daripada rider Cervera, Marc Marquez. Acosta punya asalan tersendiri mengenai hal itu. "Ketika saya masih kecil, Anda melihat MotoGP di Spanyol di TV gratis dan di TV terkadang mereka menampilkan balapan lama. Pada akhirnya, ini tentang pembalap mana yang Anda lihat ketika Anda dewasa," tutur Acosta kepada Speedweek.com , sebagaimana dimuat Motorcyclesports.net. Sebagai contoh, saya lebih ingat Stoner daripada Marquez. Karena ketika Marquez datang ke MotoGP, saya sendiri sudah membalap. Dengan yang lain, saya duduk di rumah dan menonton balapan – dengan Stoner, Pedrosa, Lorenzo. Mungkin itu sebabnya saya tidak melihat pembalap MotoGP s

BEGINI STRATEGI BAGNAIA KEJAR KLASEMEN QUARTARARO

Gambar
Akhir pekan ini MotoGP akan kembali beraksi lagi setelah jeda paruh musim. Seri pembuka bagian kedua kejuaraan musim 2022 akan berlangsung di sirkuit Silverstone, Inggris. Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia sudah tak sabar menanti balapan di Inggris. Dia juga menjelaskan strategi menghadapi sisa musim ini. Pria Italia menjelaskan bahwa dia tidak boleh lagi melakukan kesalahan demi mengejar ketertinggalan di klasemen, yang saat ini dipimpin oleh rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. "Saya senang bisa kembali ke trek akhir pekan ini. Kami mengakhiri paruh pertama kejuaraan dengan kemenangan, pada saat itu perasaan dengan Desmosedici GP sempurna. Saya harap kami dapat melanjutkan di mana kami tinggalkan pada bulan Juni," kata Bagnaia kepada Speedweek, menjelang MotoGP Inggris akhir pekan ini. "Selama libur saya banyak berlatih dengan Panigale V4S saya, dan saya juga memenangkan Race of Champions di World Ducati Week. Tapi sekarang saatnya untuk kembali ke da

QUARTARARO JUSTRU SEMAKIN SEMANGAT JALANI HUKUMAN LONG LAP PENALTY DI SILVERSTONE

Gambar
Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang pimpin klasemen sementara MotoGP 2022 mengaku justru semakin termotivasi ketika harus menjalani hukuman  long lap penalty  dalam seri ke-12 MotoGP Silverstone Inggris akhir pekan ini (5-7 Agustus). Juara dunia MotoGP 2021 ini sudah mempersiapkan segalanya, terlebih latihan fisik yang konsisten dilakukannya saat liburan musim panas selama sekira 5 minggu. Quartararo tegaskan bahwa ia termotivasi untuk dapat membuat jarak waktu dengan pembalap yang ada dibelakangnya, sebelum kemudian menjalani  long lap penalty . Prediksi penulis, hukuman  lap  panjang ini memakan waktu sekitar 1-2 detik. "Saya senang akhirnya mulai mengendarai motor lagi. Saya menggunakan liburan musim panas untuk sedikit bersantai, tetapi saya juga menghabiskan banyak waktu untuk berlatih. Pikiran saya selalu fokus untuk memulai lagi dalam kondisi terbaik, "tutur Quartararo yang berjarak 21 poin dari Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dalam  standing point .

TIDAK SEPERTI RIDER PABRIKAN LAIN, VINALES JUJUR SIAP BANTU ALEIX ESPARGARO SEJAK SILVERSTONE

Gambar
Tidak seperti rider pabrikan lain, justru Maverick Vinales (Aprilia Racing)  mendeklarasikan kejujurannya untuk mendukung rekan setimnya Aleix Esparagro meraih juara dunia MotoGP 2022. Jadi dia siap mengalah dan fokus pada Aleix Espargaro. Ini demi potensi meraih jawara dunia. Adapun seri ke-12 MotoGP akan dihelat di Sirkuit Silverstone Inggris akhir pekan ini (5-7 Agustus). Bicara jarak poin Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo yang pimpin klasemen sementara adalah 21 poin. Makin berpeluang bagi Aleix Esparagro karena FQ20 wajib menjalani hukuman long lap penalty atau putaran panjang di Silverstone. Konteks tersebut diatas yang kemudian direspon oleh bos besar Aprilia Massimo Rivola yang menegaskan bahwa mereka sangat menghargai kehadiran Vinales. Manajemen tidak berpikir untuk mengganti Vinales yang dianggap punya potensi. Faktanya memang sudah mampu podium di Assen Belanda. Padahal dalam 6,5 tahun karir balapnya naik motor dengan konstruksi mesin inline, bukan V4 seperti pada Aprili

ALEIX ESPARGARO AKUI INGIN SELALU DITEMANI ISTRINYA DALAM SETIAP BALAPAN, KENAPA ?

Gambar
Aleix Espargaro (Aprilia) yang baru saja merayakan ultahnya yang ke-33 tahun, mengaku jujur bahwa ia ingin selalu ditemani istrinya dalam setiap menjalani race alias balapan. Kehadiran istrinya Laura ataupun kedua anak kembarnya Max dan Mia memberikan energi positif baginya dalam melakoni kompetisi. Terlebih saat ini ia sedang berjuang untuk meraih juara dunia MotoGP 2022. Pundi poin Aleix Espargaro hanya cukup berbeda 21 poin dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dalam klasemen sementara MotoGP 2022. Menjadi sedap ditonton karena dalam putaran Silverstone Inggris Minggu ini (5-7 Agustus), Fabio Quartararo wajib menjalani hukuman long lap penalty atau lap panjang. "Saya tidak dapat tidak memiliki mereka di pit dalam setiap balapan, itu sangat menuntut. Mereka memiliki banyak energi tetapi saya suka ketika saya berada disana 3 atau 4 kali setahun. Saya suka menghabiskan waktu bersama mereka. Mereka memberi saya banyak energi positif, "terang Aleix Espargaro yang diku

JADWAL BALAPAN MOTOGP INGGRIS, SILVERSTONE 2022

Gambar
Jumat, 5 Agustus 2022 15:00 - 15:40 WIB: FP1 Moto3 15:55 - 16:40 WIB: FP1 MotoGP 16:55 - 17:35 WIB: FP1 Moto2 19:15 - 19:55 WIB: FP2 Moto3 20:10 - 20:55 WIB: FP2 MotoGP 21:10 - 21:50 WIB: FP2 Moto2 Sabtu, 6 Agustus 2022 15:00 - 14:40 WIB: FP3 Moto3 15:55 - 16:40 WIB: FP3 MotoGP 16:55 - 17:35 WIB: FP3 Moto2 18:35 - 18:50 WIB: Q1 Moto3 19:00 - 19:15 WIB: Q2 Moto3 19:30 - 20:00 WIB: FP4 MotoGP 20:10 - 20:25 WIB: Q1 MotoGP 20:35 - 20:50 WIB: Q2 MotoGP 21:10 - 21:25 WIB: Q1 Moto2 21:35 - 21:50 WIB: Q2 Moto2 Minggu, 7 Agustus 2022 15:20 - 15:30 WIB: WUP Moto3 15:40 - 16:00 WIB: WUP MotoGP 16:10 - 16:20 WIB: WUP Moto2 17:20 WIB: Race Moto2 (18 lap) 19:00 WIB: Race MotoGP (20 lap) 20:30 WIB: Race Moto3 (17 lap) #schedule #moto2 #moto3 #MotoGP #BritishGP #indonesianGP 

RESMI ! SERI PEMBUKA MOTOGP 2023 BERLANGSUNG DI PORTIMAO PORTUGAL

Gambar
Sejak musim 2006 lalu, sirkuit Lusail di Qatar telah menjadi seri pembuka MotoGP. Untuk tahun ini, Qatar tidak lagi menjadi Opening Race dalam sirkuit sedang dalam pemugaran besar-besaran. Karena itu, Dorna Sports telah menunjuk sirkuit Portimo di Portugal sebagai venue seri awal. "Grand Prix Portugal akan menjadi acara pertama Kejuaraan Dunia FIM MotoGP 2023, dengan Autodromo Internacional do Algarve yang menakjubkan akan menjadi tuan rumah pembuka musim dari tanggal 24 hingga 26 Maret 2023," demikian bunyi rilis resmi MotoGP. "Kalender MotoGP 2023 sementara yang lengkap akan diterbitkan oleh FIM pada waktunya, tapi seri pertama sudah dapat dikonfirmasi. GP Portugal 2023 akan menandai pertama kalinya kalender MotoGP dimulai di Eropa sejak 2006 dan akan menjadi pembuka musim ketiga yang diadakan di Eropa dalam lebih dari tiga dekade. Ini juga akan menjadi pertama kalinya Portugal menjadi tuan rumah balapan pertama tahun ini, dengan ekspektasi menjelang musim baru ditetap

AKANKAH QUARTARARO UKIR REKOR MENANG LAGI DI SILVERSTONE ? SEJAK 2013 PEMENANGNYA BERBEDA

Gambar
Ternyata pemenang MotoGP Silverstone Inggris yang akan jadi tuan rumah MotoGP akhir pekan ini (5-7 Agustus) selalu berubah sejak tahun 2013. Tidak pernah ada yang kembali merebut podium terbaik sejak tahun tersebut. Maksudnya dalam 2 tahun berturut-turut semenjak 2013. Nah, sehubungan hal ini, maka Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dipastikan akan membuat rekor tersendiri. Mengulang podium kemenangan yang diraihnya musim 2021. Apakah ini bisa terjadi ? Jawabnya, kenapa tidak. Terlebih ditengah track-record FQ20 yang relatif konsisten merebut podium. Namun memang permasalahannya adalah hukuman long lap penalty yang harus dijalani juara dunia MotoGP 2021 tersebut di Silverstone. Hukuman ini butuh waktu 1-2 detik saat menjalani lap panjang. Artinya, FQ20 harus berada di barisan terdepan dan membuat jarak waktu tertentu, sekira 1-2 detik dahulu, untuk kemudian melakoni hukuman long lap penalty.  Data Pemenang MotoGP Silverstone : 2013 : Jorge Lorenzo (Yamaha) 2014 : Marc Márquez (Ho

REMY GARDNER DIBELA HABIS - HABISAN PEDRO ACOSTA AGAR DIPERTAHANKAN DI KTM 2023

Gambar
Gacoan muda tim pabrikan KTM yang konsen di balap Moto2 Pedro Acosta (Red Bull KTM Ajo) membela penampilan petarung MotoGP Remy Gardner (Tech3 KTM) yang terpuruk sebagai rookie atau pendatang baru MotoGP 2022. Remy Gardner saat ini ada di posisi ke-23 dalam klasemen sementara dengan oundi 9 poin saja. Tujuan dari pembelaan Pedro Acosta, agar Remy Gardner yang juga juara dunia Moto2 tahun 2021 lalu, kembali bertahan dalam keluarga KTM. Tidak dilepas ke tim lain (2023). Remy Gardner disebut masih dalam proses adaptasi dengan pacuan MotoGP ataupun dengan lingkungan timnya. Kenapa Acosta begitu membela Remy Gardner ya ? Apa yang penting baginya sehubungan eksitensi Remy Gardner ? Karena selain menganggap Remy Gardner sebagai kakaknya, juga banyak memberikan nasehat hingga mereka sering bertukar pikiran. Faktanya memang Tech3 belum mengumumkan secara resmi menyangkut formasi pembalapnya untuk tahun 2023. "Saya tidak benar-benar melihat sekeliling saya, tapi bagus untuk melihat bagaiman

MILLER AKUI PERNAH BUNTUTI BASTIANINI TETAPI PERCUMA SAJA, KENAPA ?

Gambar
Jack Miller (Ducati Lenovo) mengungkapkan fakta bahwa ia pernah membuntuti ataupun mencermati gaya balap dari Enea Bastianini (Gresini Racing). Makin terpesona dengan Bastianini ketika pembalap asal Italia tersebut mampu meraih 3 kali podium juara diatas Ducati GP21. Itu pada awal-awal seri (Losail Qatar, Austin USA dan Le Mans Perancis). Riding style Bastianini dianggap nyeleneh atau berbeda dari biasanya. Itu yang menarik perhatian Miller. Namun memang kemudian Miller sulit untuk menandingi Bastianini yang disebut pria kecil seperti saku celana. Dalam hal ini, Bastianini lebih diuntungkan saat akeselerasi ataupun dalam pencapaian top speed atau kecepatan puncak. Merupakan suatu hal yang sulit jika ia kalah dalam bobot tubuh yang mungkin berbeda 10 kg. Bastianini itu punya bobot 60-64 kg saja. "Jika saya tahu apa yang dilakukan Enea dengan lebih baik, saya akan menirunya. Dia mengendarai motor dengan sangat baik. Ketika dia menyalip saya, gaya balapnya yang luar biasa menarik per

AKHIRNYA JACK MILLER UNGKAP ALASAN PENOLAKANNYA DI TIM PRAMAC RACING 2023

Gambar
Jack Miller mengakhir karirnya di tim Ducati setelah 5 tahun bersama. Sejak 2018-2020 di tim Pramac Racing, lanjut 2021-2022 di tim Ducati Lenovo. Yang menarik, Jack Miller mengungkapkan alasannya memilih tim pabrikan KTM untuk musin depan (2023). Jadi tidak mau bergabung dengan Pramac Racing. Apa sebabnya ? Bagi Jack Miller, jika ia kembali ke Pramac Racing, maka itu tidak menjadi tantangan baginya. Karena memang sudah 5 musim bersama Ducati. Nah, ketika ada tawaran dari KTM, ini yang memunculkan motivasi baru. Boleh jadi karena memang mendapat penawaran dari tim utama KTM (Red Bull KTM Factory). Bukan tim satelit. "Saya tidak akan khawatir dengan cara apapun untuk kembali ke Pramac. Tapi kemudian kesempatan itu muncul dengan sendirinya di KTM dan perpindahan ini membawa motivasi baru, "tukas jack Miller yang dikutip dari Corsedimoto. Pada bagian lain, Jack Miller mengomentari Francesco Bagnaia 'Pecco' yang semakin baik diatas GP22. Makin melekat diatas motor hingga

JOAN MIR DAN ALEX RINS SOLUSI JITU HONDA ATAS KONDISI TIDAK MENENTU MARQUEZ ?

Gambar
Honda diakui sedang dalam masalah serius. Inipun diakui bos tim Repsol Honda Alberto Puig. Dan perekrutan duet  gacoan  Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins adalah bagian dari strategi untuk mengatasi keadaan sulit tersebut. Alex Rins sudah resmi gabung tim LCR Honda, sedangkan Joan Mir tinggal tahap akhir negosiasi menuju Repsol Honda. Mengingat memang pembalap Honda tidak ada yang spesial selain Marc Marquez.  Gap  atau perbedaannya dengan  rider  lain relatif jauh. Ingat, Marquez itu terbaik diantara semua petarung Honda RC213V, padahal sudah tidak balapan 3 seri (Catalunya, Sachsenring dan Assen) karena cedera  humerus  yang dialami. "Kami memiliki masalah sejak itu dan saat ini kami tidak berjuang untuk kejuaraan. Dan itulah mengapa kita mungkin harus memikirkan kembali strategi kita. Kami tidak memiliki pembalap yang terus-menerus di depan, itu sebabnya kami harus menganalisis situasi, "ucap Alberto Puig selaku manajer tim Repsol Honda. Sehubungan Ma

BINDER HARAP MILLER BAKAL BOCORKAN RAHASIA DUCATI KE KTM

Gambar
Tahun depan tim pabrikan Red Bull KTM Factory Racing akan diperkuat oleh Brad Binder dan tandem barunya, Jack Miller. Kedatangan Miller disambung hangat oleh Binder, yang ternyata sudah sangat akrab dan sering berlatih bersama. Rider Afrika Selatan itu juga berharap kedatangan Miller bisa menjadi angin segar pengembangan mesin RC16. Ditanya dalam sebuah wawancara, apakah Binder senang dengan kedatangan Miller, dia sangat yakin menjawab. "Pasti. Jack mungkin salah satu teman terbaik saya. Saya menghabiskan sebagian besar waktu saya dengannya ketika saya di Eropa. Dia tinggal di ujung jalan di sini di Andorra," kata Binder dalam wawancara dengan Moto Rider World, seperti dikutip Motorcyclesports.net. "Kami sering berlatih bersama, kami berkendara bersama, kami melakukan beberapa uji coba. Dan saya pikir orang Australia dan Afrika Selatan tampaknya rukun, karena kami punya cara yang sangat mirip dalam melakukan sesuatu," sambungnya. Selain hubungan

JELANG MOTOGP SILVERSTONE : TREK LURUSNYA LEBIH PENDEK DARI SENTUL, SIAPA PEMEGANG REKOR TOP SPEEDNYA ?

Gambar
Menarik untuk mencermati berapa top speed atau kecepatan puncak yang diukir pada Sirkuit Silverstone Inggris yang akan menjadi venue dari seri ke-12 MotoGP Minggu ini (5-7 Agustus). Patut dipahami, panjang trek lurus utama dari Silverstone cukup 770 meter saja. Walaupun memang panjang keseluruhan lintasan hingga 5,9 Km. Tikungannya yang relatif banyak. Jadi lintasan lempeng Silverstone itu lebih pendek dari Sirkuit Sentul Bogor yang panjang main straightnya sekira 900 meter. Adapun rekor top speed yang diukir musim 2021 lalu, itu dipegang oleh Jack Miller (Ducati Lenovo) dan Johann Zarco (Pramac Racing) yang sama-sama menorehkan top speed 339,6 Km/Jam. Kalau Jack Miller dicetak dalam race, sedangkan Johann Zarco saat sesi kualifikasi 1 (Q1). Saat MotoGP 2019 (tahun 2020 vakum karena Covid-19, red), itu juga milik Jack Miler yang sama dengan Cal Crutchlow (333,3 Km/Jam). Sebelumnya lagi 2018, Bautista torehkan 329,2 Km/Jam. Sekilas informasi saja, untuk rekor top speed tahun 2022 ini di

APAKAH BASTIANINI BISA KEMBALI KONSISTEN SEPERTI SERI - SERI AWAL ? PENTING BUAT KONTRAKNYA

Gambar
Nasib Enea Bastianini (Gresini Racing) belum jelas untuk musim depan (2023). Maksudnya sehubungan dengan kepastiannya di tim pabrikan Ducati atau ke Pramac Racing. Dalam hal ini, Bastianini bersaing dengan Jorge Martin (Pramac Racing) yang notabene sebaga i rookie of the year  2021. Tentu saja, semua akan mengacu pada hasil yang dicapai dalam paruh kedua perjalanan 2023 yang akan dimulai di Silverstone Inggris Minggu ini (5-7 Agustus). Menjadi tugas dan perjuangan penting bagi Bastianini untuk kembali bangkit. Mengingat dalam 4 seri terakhir (Mugello, Catalunya, Sachsenring dan Assen), hanya beroleh 11 poin saja. Berbeda jauh dengan hasil saat awal-awal putaran karena sukses merebut 3 kali podium juara (Losail, Austin dan Le Mans). "Saya sangat menyukai Silverstone, saya sangat ingin mencapai hasil yang baik d sana sehingga kami dapat kembali ke level kami. Sejauh ini performa kami terlalu  fluktuatif , di babak kedua ini kami ingin lebih konsisten, "tegas Enea Bastianini y

MONSTER MOTO2 CURHAT BETAPA SULITNYA DEBUT MOTOGP

Gambar
Salah satu pemula MotoGP 2022, Raul Fernandez mengatakan bahwa paruh pertama musim debutnya sangat sulit. Setelah mendominasi Moto2 tahun lalu dengan tim Red Bull KTM Ajo, kini Fernandez mendapat hasil yang jauh berbeda di kelas utama. Rider Tech3 KTM Factory Racing itu berharap bisa bangkit di paruh kedua musim. "Sejujurnya, paruh pertama musim itu sulit. Saya cukup sering jatuh, yang tidak biasa bagi saya. Selain itu, ada fase di mana kami belum membuat kemajuan apapun," akui rider Spanyol itu kepada Motorsport-Total.com. Tapi Fernandez masih percaya diri untuk bangkit di paruh kedua musim ini, dengan target utamanya adalah memperbaiki kecepatan agar bisa memangkas gap sedikit demi sedikit. "Terakhir kali berjalan lebih baik," serunya mengacu pada hasil dan raihan poin di Catalunya (P15) dan di Sachsenring (P12). Dengan balapan berikutnya akan berlangsung di Silverstone, Inggris, Fernandez berharap bisa meningkat. "Tujuan kami harus mengur

ALEIX UNGKAP RAHASIA KECEPATAN TANGKI PENUH QUARTARARO

Gambar
Dua teratas klasemen saat ini, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) telah menjadi sorotan utama. Quartararo kini memimpin klasemen dengan keunggulan 21 angka dari Aleix. Dengan sembilan balapan tersisa, ada banyak peluang untuk gelar musim ini. Berbicara tentang rivalnya, Aleix sangat memuji kemampuan balap Quartararo di lap-lap awal. Bahwa El Diablo sangat lihai dengan motor berat ketika tangki bahan bakar masih penuh. Itu adalah salah satu rahasia kecepatan Quartararo menurut pengamatan Aleix. "Saya merasa Fabio adalah pembalap terbaik dengan tangki penuh. Dia sangat bagus dalam hal itu.," akui Aleix kepada Motorsport-Total.com. "Jika dia merasa baik, start dari depan dan bisa merangsek ke depan, maka luar biasa seberapa cepat dia," jelas Aleix. Berdasarkan data, pendapat Aleix jelas bukan kebetulan, karena Quartararo berhasil meraih tiga kemenangan tahun ini, masing-masing mengikuti pola yang sama. Kemen

APAKAH ALEX MARQUEZ COCOK PAKAI DUCATI ?

Gambar
Pembalap asal Spanyol, Alex Marquez naik ke MotoGP bersama pabrikan Jepang, Honda pada musim 2020 yang lalu. Tahun ini menjadi musim ketiga mengendarai Honda mesti di tim yang berbeda. Performa Alex sejauh ini cenderung mengalami penurunan dibanding dengan tahun debutnya. Kesulitan Honda dirasakan oleh semua pembalap mereka, yang sejauh ini sangat kesusahan untuk menang atau setidaknya podium. Karena itu, pindah ke pabrikan lain bisa menjadi peluang besar untuk Alex. Tahun depan dia akan mengendarai Ducati Desmosedici di tim Satelit Gresini Racing. Ducati terbukti motor yang sangat cocok dengan banyak gaya balap. "Saya tidak tahu, saya tidak suka berbicara tentang motor yang belum saya coba," kata Alex kepada GPOne, seperti dikutip Motorcyclesports.net. "Tapi tentu saja banyak pembalap bisa cepat dengan motor ini, sepertinya cocok dengan banyak gaya yang berbeda. Bagi saya, itu bisa menjadi peluang besar. Saya percaya pada proyek, motor, dan tim," demikian harapan A

KLASEMEN SEMENTARA FORMULA ONE 2022 SETELAH BALAPAN DI HUNGARIA

Gambar
1. Max Verstappen - Red Bull Racing RBPT - 258 2. Charles Leclerc - Ferrari - 178 3. Sergio Perez - Red Bull Racing RBPT - 173 4. George Russell - Mercedes - 158 5. Carlos Sainz - Ferrari - 156 6. Lewis Hamilton - Mercedes - 146 7. Lando Norris - McLaren Mercedes - 76 8. Esteban Ocon - Alpine Renault - 58 9. Valtteri Bottas - Alfa Romeo Ferrari - 46 10. Fernando Alonso - Alpine Renault - 41 11. Kevin Magnussen - Haas Ferrari - 22 12. Daniel Ricciardo - McLaren Mercedes - 19 13. Pierre Gasly - AlphaTauri RBPT - 16 14. Sebastian Vettel - Aston Martin Aramco Mercedes - 16 15. Mick Schumacher - Haas Ferrari - 12 16. Yuki Tsunoda - AlphaTauri RBPT - 11 17. Zhou Guanyu - Alfa Romeo Ferrari - 5 18. Lance Stroll - Aston Martin Aramco Mercedes - 4 19. Alexander Albon - Williams Mercedes - 3 Klasemen Konstruktor 1. Red Bull Racing RBPT - 431 2. Ferrari - 334 3. Mercedes - 304 4. Alpine Renault - 99 5. McLaren Mercedes - 95 6. Alfa Romeo Ferrari - 51 7. Haas Ferrari - 34 8. AlphaTauri RBPT - 27 9

HASIL BALAPAN FORMULA ONE HUNGARIA 2022

Gambar
1. Max Verstappen - Oracle Red Bull Racing 2. Lewis Hamilton - Mercedes AMG Petronas 3. George Russell - Mercedes AMG Petronas 4. Carlos Sainz jr - Scuderia Ferrari 5. Sergio Perez - Oracle Red Bull Racing 6. Charles Leclerc - Scuderia Ferrari 7. Lando Norris - McLaren F1 Team 8. Fernando Alonso - BWT Alpine F1 Team 9. Esteban Ocon - BWT Alpine F1 Team 10. Sebastian Vettel - Aston Martin Aramco Cognizant 11. Lance Stroll - Aston Martin Aramco Cognizant 12. Pierre Gasly - Scuderia AlphaTauri 13. Zhou Guanyu - Alfa Romeo Racing Orlen 14. Mick Schumacher - Haas F1 Team 15. Daniel Ricciardo - McLaren F1 Team 16. Kevin Magnussen - Haas F1 Team 17. Alexander Albon - Williams Racing 18. Nicholas Latifi - Williams Racing 19. Yuki Tsunoda - Scuderia AlphaTauri Gagal finis: * Valtteri Bottas - Alfa Romeo Racing Orlen Catatan : Start dari posisi 10, Verstappen naik dua posisi pada lap pembuka dan naik ke posisi 5 dalam 12 saja usai menyalip Fernando Alonso, Esteban Ocon, dan Lando Norris. Usai me

MILLER : KEJUARAAN MASIH TERBUKA AKIBAT KESALAHAN QUARTARARO DI ASSEN

Gambar
MotoGP paruh pertama musim 2022 telah usai sepanjang 11 seri balap. Sisa tahun ini masih panjang dengan 9 seri sampai final Valencia nanti. Kejuaraan masih terbuka dan ada banyak tantangan di depan para rider. Pembalap Australia, Jack Miller yakin gelar masih bisa diperebutkan banyak pembalap berkat kesalahan pemuncak klasemen, Fabio Quartararo di MotoGP Belanda. Selian itu, ada juga banyak sirkuit yang tak pernah dipakai dalam dua musim terakhir karena pandemi. Kondisi ini akan menjadi tantangan tambahan untuk semua pembalap, ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi. "Semuanya terbuka seperti yang telah kita lihat, dengan Fabio melakukan kesalahan di Assen dan hal lainnya. Kejuaraan tahun ini sangat panjang dan dengan begitu banyak trek yang belum pernah kami lewati dalam dua tahun terakhir dan itu akan membuat segalanya menjadi sangat menarik," kata Miller di sela-sela acara World Ducati Week, sebagaimana dimuat Motorcyclesports.net. Miller sendir berada d