KTM MENANG PAKAI BAN GHOIB ? INI PENJELASAN TECH3



BalareaSport - Dua kemenangan yang diraih KTM, Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) di MotoGP Ceko dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) di MotoGP Styria diragukan oleh beberapa pihak.

Ada sebagian orang yang menyebut jika KTM berhasil menang lantaran mendapat ban khusus yang disediakan oleh pemasok ban, Michelin.

Bos tim Tech3, Herve Poncharal langsung membantah anggapan keliru tersebut.

"Orang-orang mulai bicara: 'Ya, tapi mereka telah menguji banyak hal di sana.' Itu benar-benar omong kosong," kata Poncharal setelah kemenangan MotoGP pertama untuk tim di Styria, sebagaimana dimuat Speedweek.

"Saya tidak bermaksud mengatakan itu bohong, tapi itu informasi yang salah. Saya membaca apa yang dikatakan bahwa ban Michelin dibawa khusus untuk kami. Ini tidak masuk akal," sambung pria Prancis itu.

Dua sirkuit tempat kemenangan KTM memang dipakai untuk uji coba sebelumnya, bersama dengan penguji mereka, Dani Pedrosa melakukan tes di Brno dan Red Ring.

"Kami menjalani tes di Spielberg setelah istirahat terkait Corona dengan Pedrosa dan Pol.

Di salah satu hari suhu lintasan ada di kisaran 9 derajat, dan keesokan harinya suhu turun. Apa yang harus Anda lakukan dengannya? Anda hanya berkeliling," terangnya.

Sementara tes di Brno, KTM hanya menurunkan Pedrosa dalam uji coba privat pada Juli kemarin.

"Yang mengatakan bahwa kami mendapatkan dukungan khusus atau tes tambahan hanya ingin mengecilkan kinerja kami.

Saya pernah mendengar hal yang sama tentang Misano, tapi itu satu-satunya lintasan yang kami uji, dan itu karena Michelin meminta kami menilai permukaan baru lintasan, bersama Ducati dan Aprilia juga hadir," seru Poncharal merujuk tes privat Misano pada akhir Juni yang lalu.

Diakui bahwa tes sangat membantu soal pemilihan ban bagi KTM untuk mempersiapkan balapan, tapi mendapat ban khusus (ghoib) sangat tidak masuk akal.

Ban ghoib di MotoGP adalah istilah yang ditujukan kepada isu soal penggunaan ban tertentu oleh tim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARON CANET TERUS MENGEJUTKAN, ROOKIE MOTO2 TERBAIK

HANYA 1 YAMAHA DI 10 BESAR, MOTOR EROPA DOMINASI KUALIFIKASI MOTOGP SILVERSTONE 2022

CATATAN DAN HASIL LATIHAN BEBAS KE 3 MOTOGP JEREZ SERI KE 2 2020