INI PENJELASAN POL TAK KENA HUKUM WALAU INJAK TRACK LIMIT



BalareaSport - Lalu mengapa Martin dihukum dan Pol tidak, padahal Pol lebih lebar di zona hijau dan lebih kencang?

Untuk kasus Martin di Moto2, Steward menghukum karena memang seperti itulah aturannya, Martin melaju sendirian dengan gap tak lebih dari tiga detik dari pembalap terdekat.

Ia menginjak zona hijau sendirian (dengan kedua roda) tanpa ada tekanan dari rider lainnya. Karena itu kemenangannya dibatalkan.

Pekan sebelumnya Martin juga menginjak zona hijau, tapi karena ia punya gap besar lebih dari tiga detik, kemenangannya tak dibatalkan karena memang sudah sangat unggul dari rider lain.

Keunggulannya jauh lebih besar dari mantaaf meninjak track limit, yang pengruhnya tak seberapa.

Lain lagi masalahnya dalam kasus Pol vs Jack Miller vs Miguel Oliveira.

Ketiga pembalap ini melaju berdekatan di lap terakhir dan di tikungan akhir Miller memblokir racing line Pol, menggiringnya ke pinggir lintasan dan membuat Pol terpaksa menginjak track limit di zona hijau.

Pol tak punya pilihan lain selain terus memacu motornya meski sudah keluar jalur. Karena aksi ini jelas tak disengaja oleh Pol dan keputusan pengawas Pol tidak salah.

Hal ini dapat dilihat dari camera helikopter, ketika Miller yang masuk dari sisi dalam sedikit melebar di tengah tikungan dan Pol yang berada di garis luar terpaksa tergiring ke pinggir lintasan sampai zona hijau.

Pada akhirnya balapan dimenangkan oleh Oliveira yang melintas di racing dalam Miller, mendapat rolling speed yang pas dan titik akselerasi paling kuat, sementara Miller dan Pol melebar dari racling line normal dan butuh lebih banyak momentum untuk berakselerasi merebut garis finis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARON CANET TERUS MENGEJUTKAN, ROOKIE MOTO2 TERBAIK

HANYA 1 YAMAHA DI 10 BESAR, MOTOR EROPA DOMINASI KUALIFIKASI MOTOGP SILVERSTONE 2022

CATATAN DAN HASIL LATIHAN BEBAS KE 3 MOTOGP JEREZ SERI KE 2 2020